Melangkah Aman dan Sehat! Mahasiswi KKN UNDIP Mengenalkan Rambu - Rambu Kesehatan dan Keselamatan Kerja di SD Negeri Gumawang 01

  • Aug 10, 2023
  • Desa Gumawang

 

Desa Gumawang, Batang (07/08/2023) KKN Tim II UNDIP 2022/2023 telah melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang diberikan kepada siswa SD Negeri Gumawang 01. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at (28/07/2023) yang dihadiri oleh siswa kelas IV sampai dengan kelas VI. Pihak sekolah turut membantu dalam memaksimalkan kegiatan yang mana terlihat dari antusiasme para siswa terhadap keberjalanan sosialisasi. Kegiatan ini dilakukan di ruangan kelas V SD Negeri Gumawang 01.

Mayoritas siswa SD di Desa Gumawang masih mengabaikan Kesehatan dan keselamatan selama berada diluar pantauan orang tua. Selain itu jika ditinjau dari faktor lingkungan yang mana rambu – rambu K3 masih dinilai kurang, seperti zona penyebrangan yang tidak ada. Sehingga sosialisasi ini ditujukan kepada siswa SD dikarenakan mahasiswa KKN UNDIP ingin menanamkan edukasi K3 pada anak usia dini dalam mengurangi angka kecelakaan.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Jum’at pagi tersebut diawali dengan memberikan pertanyaan mengenai pengetahuan tentang K3. Selanjutnya dilakukan sosialisasi dengan membahas terkait bahaya dan resiko yang terjadi dilingkungan sekolah. Pada saat pembahasan materi ini metode yang digunakan ialah metode dua arah yang mana diberikan pertanyaan kepada peserta sosialisasi mengenai bahaya dan resiko yang mereka ketahui dilingkungan sekolah. 

Pemberian edukasi mengenai pencegahan kecelakaan dilingkungan sekolah ialah dengan memberikan pengetahuan mengenai beberapa rambu – rambu K3. Sehingga anak usia dini sudah memahami dan mampu melakukan aktivitas sehari – hari yang lebih baik lagi. Selain itu, siswa SD mampu memiliki kebiasaan untuk hidup yang sehat dan mampu menjaga keselamatan diri.

Untuk membangun interkasi kepada siswa, mahasiswa KKN memberikan banyak gambar dalam penyampaian materi sehingga siswa SD lebih memahami terkait materi dan tidak merasa bosan ataupun jenuh. Selama kegiatan sosialisasi juga diselingi dengan pertanyaan – pertanyaan yang diberikan kepada siswa SD dan memberikan hadiah kepada siswa SD yang sudah berani menjawab pertanyaan, hal ini bertujuan untuk membangkitkan rasa semangat.
Harapan dari program ini yaitu meningkatkan pengetahuan siswa SD untuk potensi bahaya dan resiko yang terjadi dilingkungan sekolah dan meningkatkan pengetahuan mengenai rambu – rambu K3. Dengan kegiatan ini, saya berharap siswa SD nantinya menjadi generasi penerus bangsa yang sudah memiliki ilmu yang baik dalam segi K3, serta dapat menurunkan kecelakaan selama diluar jangkauan orang tua.

 

Oleh:

Hervina Rahmawati (Mahasiswa S1 Teknik Industri)